10 Candi Buddha yang terkenal di dunia

Buddha adalah salah satu agama utama di dunia yang berasal dari India. Agama ini berdasarkan ajaran-ajaran Siddhartha Gautama, yang dikenal sebagai "Sang Buddha". Buddhisme bertujuan untuk melepaskan diri dari penderitaan dan dari siklus kelahiran kembali untuk mencapai nirwana. Ada sekitar 230-500 juta umat Buddha di seluruh dunia. Inilah 10 kuil Buddha yang paling terkenal di dunia.

10. Candi Haeinsa
http://hermawayne.blogspot.com
Candi Haeinsa adalah salah satu kuil Buddha yang paling penting di Korea Selatan. Candi ini pertama kali dibangun pada tahun 802 dan dibangun kembali pada abad ke-19 setelah Haiensa terbakar pada tahun 1817. Harta kuil tersebut yang paling berharga adalah salinan lengkap dari kitab-kitab Buddha yang selamat dari kobaran api.

9. Wat Arun
http://hermawayne.blogspot.com
Terletak di sisi Thonburi, Sungai Chao Phraya, Wat Arun adalah salah satu landmark tertua dan paling terkenal di Bangkok. Candi ini adalah representasi arsitektur Gunung Meru, pusat alam semesta dalam kosmologi Buddhis. Pemandangan terbaik dari Wat Arun adalah di saat malam hari dengan matahari terbenam di baliknya.

8. Pha That Luang
http://hermawayne.blogspot.com
Terletak di Vientiane, Pha That Luang adalah salah satu monumen yang paling penting di Laos. Stupa ini memiliki beberapa teras dengan masing-masing tingkat yang mewakili tahap yang berbeda dari pencerahan Buddha. Tingkat terendah mewakili dunia material, tingkat tertinggi mewakili dunia hampa. Pha That Luang dibangun pada abad ke-16 di atas reruntuhan sebuah kuil Khmer sebelumnya. Kuil itu dihancurkan oleh invasi Siam pada tahun 1828, yang kemudian direkonstruksi oleh Perancis pada tahun 1931.

7. Jokhang
http://hermawayne.blogspot.com
Kuil Jokhang di Lhasa merupakan tempat suci paling penting di Tibet yang menarik ribuan peziarah setiap tahun. Candi ini dibangun oleh Raja SongtsÃĪn Gampo pada abad ke-7. Bangsa Mongol sudah beberapa kali menjarah candi Jokhang, tapi bangunan itu tetap bertahan. Hari ini kompleks candi mencakup area seluas sekitar 25.000 meter persegi.

6. Candi Todaiji
http://hermawayne.blogspot.com
Todaiji yang terletak di Nara adalah salah satu kuil Buddha yang paling signifikan secara historis dan terkenal di Jepang. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Kaisar Shomu sebagai candi kepala di semua kuil Buddha Jepang. Hari ini, ada sedikit sisa-sisa bangunan asli dari Todaiji. Daibutsuden merupakan rumah salah satu patung Buddha terbesar di Jepang dan merupakan bangunan kayu terbesar di dunia, meskipun hanya dua pertiga ukuran struktur aslinya.

5. Boudhanath
http://hermawayne.blogspot.com
Berlokasi di pinggiran kota Kathmandu, Boudhanath adalah salah satu stupa terbesar di dunia. Bangunan ini adalah pusat Buddha Tibet di Nepal dan sudah banyak para pengungsi dari Tibet yang menetap di sini. Ini mungkin paling dikenal dengan mata Buddha yang ditampilkan pada keempat sisi menara. Stupa ini dibangun kembali pada abad ke-14, setelah sebelumnya dihancurkan oleh penjajah Mughal.

4. Candi Mahabodhi
http://hermawayne.blogspot.com
Candi Mahabodhi adalah sebuah stupa Buddha yang terletak di Bodh Gaya. Kompleks utamanya berisi keturunan asli pohon Bodhi dimana Gautama Buddha memperoleh pencerahan dan merupakan tempat yang paling suci dalam agama Buddha. Sekitar 250 tahun setelah Buddha mencapai pencerahan, Kaisar Asoka membangun sebuah kuil di tempat itu.

3. Pagoda Shwedagon
http://hermawayne.blogspot.com
Pagoda Shwedagon di Yangon, merupakan kuil Buddha tersuci di Burma. Shwedagon yang hilang di zaman kuno dan diperkirakan bahwa pagoda tersebut pertama kali dibangun oleh Mon selama periode Bagan antara abad ke-6 dan 10. Kompleks candi ini penuh dengan gemerlapan, stupa berwarna-warni, tetapi yang menjadi pusat perhatian adalah stupa setinggi 99 meter yang keseluruhannya dilapisi emas.

2. Bagan
http://hermawayne.blogspot.com
Bagan, yang juga dieja Pagan, yang terletak di tepi Sungai Ayerwaddy, adalah area kuil Buddha, pagoda, stupa dan reruntuhan terbesar di dunia. Tempat itu adalah ibukota kuno raja-raja Burma yang dibangun sebanyak 4.400 candi selama puncak kerajaan (antara 1000 dan 1200 M). Pada tahun 1287, kerajaan jatuh ke tangan bangsa Mongol setelah menolak membayar upeti kepada Kubilai Khan dan Bagan menjadi pusat politik, tetapi terus berkembang sebagai tempat beasiswa Buddha.

1. Borobudur
http://hermawayne.blogspot.com
Terletak di pulau Jawa Indonesia, Jogjakarta, Borobudur adalah candi Buddha terbesar dan paling terkenal di dunia. Borobudur dibangun selama sekitar 75 tahun pada abad ke-8 dan 9 oleh kerajaan Sailendra, yang disusun dari sekitar 2 juta blok batu. Candi ini ditinggalkan pada abad ke-14 dengan alasan yang masih tetap menjadi misteri dan selama berabad-abad tersembunyi di hutan di bawah lapisan abu vulkanik.
Source: hermawayne.blogspot.com

Theme Design Edited By: KOMA